Monday 2 May 2011

APLIKASI MATEMATIS

Saya sebagai seorang mahasiswa bidang teknik, tidak lepas dari perhitungan matematis dan segala kegiatan matematis lainnya. Software berkualitas bagus pun banyak dijual di pasaran untuk mempermudah kita dalam melakukan pekerjaan di bidan teknik kita tadi. Namun, untuk ukuran mahasiswa, kita terpaksa memakai aplikasi bajakan agar bisa belajar dengan software tadi. Sebut saja Matlab, tentu seorang mahasiswa teknik akan belajar aplikasi ini. Namun siapa yang tahu, jika ternyata ada aplikasi yang memiliki fungsi sama dengan Matlab, namun bedanya software tadi tidak perlu dibeli. Nama aplikasi tadi adalah GNU Octave. Berikut ini adalah daftar beberapa aplikasi yang bisa dipakai secara gratis :

  1. GNU Octave (http://www.gnu.org/software/octave/) adalah software yang dilengkapi dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berguna untuk proses komputasi numerik. GNU Octave hampir sama dengan Matlab, menggunakan interface command line di mana kita bisa melakukan perhitungan di konsol tadi dan bisa melakukan operasi seperti pembuatan grafik, dll. Kita bisa membuat aplikasi yang jika ditulis dengan hati-hati di GNU Octave, maka akan bisa pula dijalankan di Matlab. (wikipedia)
  2. Scilab (http://www.scilab.org/) sama seperti GNU Octave dan Matlab. Berguna untuk proses komputasi numerik. Scilab bisa digunakan untuk proses analisis statistik, simulasi dinamika fluida, optimasi numerik, dan berbagai modeling lainnya. (wikipedia)
  3. R (http://www.r-project.org/) adalah sebuah bahasa pemrograman yang dapat membantu dalam pekerjaan visualisasi dan komputasi statistik dan data analisis. (wikipedia)
  4. Sage (http://www.sagemath.org/), memiliki fitur yang lengkap seperti Mathematica. Aplikasi ini bisa melakukan perhitungan aljabar, kalkulus, kombinatorik. Selain dapat menggantikan Mathematica, aplikasi ini juga memiliki fitur dalam aplikasi Maple. (wikipedia)
  5. PLplot (http://plplot.sourceforge.net/). Aplikasi yang telah disebutkan di atas, memiliki fasilitas pembuatan grafis untuk setiap fungsi dan data yang diberikan. Jika kamu berniat ingin membuat grafik melalui bahasa pemrograman, kamu bisa menggunakan library ini. Library ini bisa dipakai di banyak bahasa, mulai dari C/C++, Fortran, Python, Ada, Java, dan TCL. (wikipedia)

GNU Octave
SciLab
PLplot

0 comments:

Post a Comment