Friday 15 February 2013

KONEKSI GAMBAS UBUNTU 10.10

sedikit sharing buat temen2 yang lagi belajar pemograman gambas yang berjalan di sistem operasi linux, ne ane ada sedikit tutorial cara menghubungkan gambas dengan mysql, ane pake ubuntu-10.10 dan untuk mysql nya ane pake XAMPP,
berikut langkah-langkahnya,

semoga bermanfaat.


  1. buat database di mysql dengan nama "lampu-jalan" dan tabel "dejitu"  caranya, buka console/terminal : lalu ketik perintah :# mysql -u root -p masukkan password mysqlnya. buat database dengan perintah : "mysql > create database lampu-jalan" lalu ketikkan "mysql > use lampu-jalan" untuk masuk dalam database lampu-jalan, lalu buat tabel dengan nama dejitu, ketik perintah : "mysql > create table dejitu (nim int(5) auto_increment not null primary key ,nama varchar(25),alamat varchar(30),JK char(2), tgl_lahir date default "0000-00-00") "lalu enter.
  2. setelah selesai membuat database sekarang kita akan mendisaign programnya tentunya dengan menggunakan gambas. sekarang buka program gambas temen2 lalu design formnya menjadi sbb :
  
   3. sebelumnya aktifkan dulu component gb.db untuk memberikan access ke mysql, pilih di : project > properties >component > centang gb.db , lalu tulis script berikut ini pada form :
' Gambas class file
'membuat jembatan antara gambas dan mysql
PUBLIC db AS NEW Connection
PUBLIC rs AS Result



PUBLIC SUB Form_Open()
TextBox1.Enabled = FALSE 'textbox terkunci saat form di load
cmbjk.Add("LK")
cmbjk.Add("PR")
Button3.Enabled = FALSE
Button3.Caption = "Hapus" 'membuat caption "hapus" pada button3
  Button2.Caption = "tambah"
  Button1.Caption = "Simpan"
  Button1.Enabled = FALSE 'button tidak aktif saat form di load
  ME.Center 'form berada di tengah
  koneksi
END


'script untuk mengoneksikan gambas dgn mysql pada databases "lampu-jalan"
PUBLIC SUB koneksi()
 WITH db
  .Close
  .Type = "mysql"
  .Host = "localhost"
  .Login = "root"
  .Password = "password mysql anda"
  .Name = "lampu-jalan"
  .Open
  END WITH
  CATCH
  Message.Warning("connection error to database lampu-jalan", " exit ") ' jika tidak terkoneksi dengan database munculkan pesan
  QUIT
END

PUBLIC SUB Button1_Click() 'simpan


 DIM sql AS String
 IF TextBox1.Text = "" OR TextBox2.Text = "" OR TextBox3.Text = "" OR cmbjk.Text = "" OR TextBox5.Text = "" THEN 'jika masih ada data yang belum di isi munculkan pesan

  Message.Info("data masih ada yang kosong, silahkan lengkapi !!", "ok")
 
  ELSE
  sql = "insert into dejitu (nim,nama,alamat,JK,tgl_lahir) values ('" & TextBox1.Text & "','" & TextBox2.Text & "','" & textbox3.Text & "','" & cmbjk.Text & "','" & textbox5.Text & "')" 'memasukkan data kedalam database
  db.Exec(sql) 'berfungsi untuk menjalankan perintah sql di atas
  Message.Info("data sudah tersimpan")
  Button1.Enabled = FALSE
  TextBox1.Enabled = FALSE
 
 
ENDIF
CATCH
Message.Warning("nim sudah ada !!", "ok")
TextBox1.SetFocus
TextBox1.text = ""
END

PUBLIC SUB Button2_Click() 'tambah
TextBox1.Enabled = TRUE
  Button1.Enabled = TRUE
  Button3.Enabled = FALSE
  bersih

END

PUBLIC SUB bersih() 'membersihkan text
 
  TextBox1.Text = ""
  TextBox2.Text = ""
  TextBox3.Text = ""
  cmbjk.Text = ""
  TextBox5.Text = ""
  TextBox1.SetFocus 'kursor berada di textbox1
 
END

PUBLIC SUB hapus()
 
  DIM sql AS String
  Message.Info("data berhasil dihapus")
  sql = "delete from dejitu where nim = '" & TextBox1.Text & "'"
  db.Exec(sql)
 
  bersih
 
  CATCH
  Message.Info("data tidak ditemukan!!", "ok")
 
 
END


PUBLIC SUB Button3_Click()

  hapus

END

PUBLIC SUB TextBox6_LostFocus()
 
  'TextBox6.Text = "masukkan nim"
 
END


PUBLIC SUB Button4_Click() 'cari

  DIM cari AS String
 
  cari = " select * from dejitu where nim = '" & TextBox6.Text & "'"
 rs = db.Exec(cari)
 ' memasukkan record tabel pada textbox
  TextBox1.Text = rs!nim
  TextBox2.Text = rs!nama
  TextBox3.Text = rs!alamat
  cmbjk.Text = rs!jk
  textbox5.Text = rs!tgl_lahir
  TextBox6.Text = ""
  Button3.Enabled = TRUE
  Button1.Enabled = FALSE
  TextBox1.Enabled = FALSE
  CATCH 'bila data kosong munculkan pesan
  Message.Info("data tidak ditemukan", "ok")
  TextBox6.Text = ""
  TextBox6.SetFocus
 

END


PUBLIC SUB TextBox6_GotFocus()
 
  TextBox6.Text = ""
 
END



PUBLIC SUB Button5_Click()

  ME.Close

END
untuk nama variabelnya silahkan temen2 sesuaikan sendiri dengan scriptnya,
mudah2an bisa bermanfaat...

Ubuntu Lucid

Lucid Lynx Boot Screen
Ubuntu Lucid Lynx, sudah dirilis akhir April 2010 kemarin dan saya pada hari yang sama berkesempatan mengupgrade Ubuntu 9.10 Karmic Koala saya.
Berikut beberapa perubahan mayor yang terdapat di versi ini:
  • Linux kernel 2.6.32
  • GNOME 2.30
  • Mozilla Firefox 3.6, Mozilla Thunderbird 3.0, OpenOffice.org 3.2
  • Support yang lebih baik untuk kartu grafik NVIDIA dengan driver open source Nouveau
  • Penggantian program Editing image standar dari GIMP menjadi F-Spot
  • Social button (integrasi program jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, Yahoo, Digg, dll ke toolbar)
  • Ubuntu One dan Ubuntu Music Store
Untuk mengupgrade ada dua cara yaitu melalui online upgrade dengan cara membuka System > Administration > Update Manager dan mengklik Upgrade.
Update Manager di Linux
Atau cara kedua dengan mendownload Alternate Install CD Ubuntu; saya memakai cara Alternate CD Ubuntu untuk upgrade Ubuntu di komputer.
Proses upgrade berjalan kurang lebih 2 jam, dan setelah selesai diminta untuk reboot.
Untuk booting terasa lebih cepat dari versi sebelumnya, hal ini memang tertera pada changelogs 10.04 yang menjanjikan proses yang lebih cepat karena tidak dipakainya lagi teknologi HAL (hardware abstraction layer)
Setelah mencoba tiga hari menggunakan Ubuntu versi ini, saya sedikit kecewa karena tidak ada yang baru dari versi sebelumnya (9.10), berikut perbandingan dari versi sebelumnya:
  • Tema default yang menggunakan warna dan background yang senada (nyaris sama) seperti Machintosh. Ayo dong Ubuntu, jangan jadi plagiat gitu.
Gambar Desktop Ubuntu
  • Perubahan posisi Tombol Close, Maximize, Minimize Layar Windows yang berubah dari posisi kanan ke posisi kiri sedikit merepotkan, entah apa yang ingin dicapai Canonical dengan perubahan ini. Karena bukannya membantu, malah menyebalkan. (apalagi yg sebelumnya menggunakan Windows)
Tombol Minimize dan Maximize di Ubuntu
  • Social Button, penambahan yang paling tidak berguna di versi ini. Tombol ini intinya hanya untuk menulis status secara bersamaan di beberapa akun, dan setting account  anda. Yang aneh tidak ada shortcut untuk membuka programnya, jadi anda harus membuka lagi dari menu Ubuntu (merepotkan)
Gambar Social Button di Ubuntu
  • Proses Upgrade tidak ada masalah yang saya temui, ini berbeda dengan saat saya mengupgrade Ubuntu 8.04, 8.10, dan 9.04 dimana terdapat masalah hardware ataupun tidak bisa booting.
  • Booting lebih cepat dari sebelumnya. (30 detik menjadi 23 detik)
Maaf sekali untuk semua pengguna dan pencinta Ubuntu, review ini mungkin terkesan keras dan memojokkan.
Tapi sebagai orang yang ingin agar Ubuntu maju, merasa bahwa versi ubuntu ini tidak menawarkan sesuatu yang benar-benar baru, yang dapat membuat pengguna Windows beralih ke sistem ini.
Bagaimanapun bagi para pengguna yang sudah maupun belum pernah mencoba memakai Ubuntu saya tetap merekomendasikan Ubuntu versi ini diinstal karena merupakan versi LTS (Long Term Support)
Untuk mendownload bisa membuka situs resminya Ubuntu

Simbol flowchart dan contohnya


  Flowchart
Bagan alir (flowchart) adalah bagan (chart) yang menunjukkan alir (flow) di dalam program atau prosedur sistem secara logika. Bagan alir digunakan terutama untuk alat bantu komunikasi dan untuk dokumentasi.
System flowchart dapat didefinisikan sebagai bagan yang menunjukkan arus pekerjaan secara keseluruhan dari sistem. Bagan ini menjelaskan urut-urutan dari prosedur-prosedur yang ada di dalam sistem. Bagan alir sistem menunjukkan apa yang dikerjakan di sistem.
Berikut adalah simbol simbol flowchart yang harus diketahui:

Symbol Off-line Connector ( Simbol untuk keluar/masuk prosedure atau proses dalam lembar/halaman yang lain)
Symbol Connector (Simbol untuk keluar/masuk prosedur atau proses dalam lembar/halaman yang sama)
Symbol Process (Simbol yang menunjukkan pengolahan yang dilakukan oleh komputer)
Symbol Manual Operation (Simbol yang menunjukkan pengolahan yang tidak dilakukanoleh komputer)
Symbol Decision (Simbol untuk kondisi yang akan menghasilkan beberapa kemungkinan jawaban/aksi)
Symbol Predefined Process (Simbol untuk mempersiapkan penyimpanan yang akan digunakan sebagai tempat pengolahan di dalam storage)
Symbol Terminal (Simbol untuk permulaan atau akhir dari suatu program)
Symbol Off-line Storage (Simbol yang menunjukkan bahwa data di dalam symbol ini akan disimpan)
Symbol Magnetik Disk (Simbol database sebagai tempat penyimpanan)
Symbol Keying Operation (Simbol operasi dengan menggunakan mesin yang mempunyai keyboard)
Symbol input-output (Symbol yang menyatakan proses input dan output tanpa tergantung dengan jenis peralatannya)
Symbol magnetic-tape unit (Symbol yang menyatakan input berasal pita magnetic atau output disimpan ke pita magnetic)
Symbol punched card (Symbol yang menyatakan input berasal dari kartu atau output ditulis ke kartu)
Symbol disk and on-line storage (Symbol untuk menyatakan input berasal dari disk atau output disimpan ke disk)
Symbol display (Symbol yang menyatakan peralatan output yang digunakan yaitu layar, plotter, printer, dan sebagainya)
Symbol dokumen (symbol yang menyatakan input berasal dari dokumen dalam bentuk kertas atau output dicetak ke kertas)
Mempresentasikan alur kerja


Contoh Flowchat Sistem Rancangan Website




Bab II Landasan Teori


    BAB II
LANDASAN TEORI

             Perkembangan dunia internet yang sangat pesat membuat banyak orang menghabiskan sebagian besar waktunya di depan perangkat yang terkoneksi dengan internet, mulai dari belajar sampai berbelanja semua dilakukan lewat dunia maya. Dalam membangun suatu sarana informasi terdapat sekumpulan perangkat lunak yang nantinya akan digabungkan menjadi sebuah aplikasi yang dapat mengolah data dan menghasilkan informasi yang bermanfaat.

2.1    Pengertian Perancangan
Perancangan adalah proses merencanakan segala sesuatu terlebih dahulu (Kamus Bahasa Indonesia, 1988: 927).
 Definisi perancangan menurut Al-Bahra (2005:5) yang terdapat dalam buku yang berjudul Analisis dan Desain Sistem Informasi, menjelaskan bahwa: “perancangan adalah kemampuan untuk membuat beberapa alternatif pemecahan masalah

2.2    Pengertian Informasi
Informasi adalah data yang telah diolah menjadi bentuk yang berarti bagi penerimanya dan bermamfaat dalam pengambilan keputusan saat ini atau mendatang.  Mc Leaod mengatakan informasi adalah data yang telah diproses, atau data yang memiliki arti.[1]
2.3       Pengertian Internet
Internet berasal dari kata Interconection Networking yang mempunyai arti hubungan berbagai komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui
jalur telekomunikasi seperti telepon. Yang mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini adalah protokol-protokol yang umum disebut TCP/IP.
TCP (Transmission Control Protocol) yang memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TCP/IP secara umum antara lain berfungsi untuk memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat digunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data dan lain-lain. [2]          
Internet bisa diumpamakan seperti kumpulan-kumpulan network yang saling berhubungan dan berkomunikasi dengan menggunakan standar atau bahasa yang umum. Internet bukanlah suatu lembaga dan tidak dimiliki oleh seseorang, tetapi hanyalah suatu sistem jaringan yang mendunia, sehingga internet juga bisa dikatakan sebagai sebuah network yang berskala besar. Internet merupakan jaringan besar yang dibentuk oleh interkoneksi jaringan komputer dan komputertunggal di seluruh dunia, lewat saluran telepon, satelit dan sistem telekomunikasi lainnya.


2.4       Pengertian Website
Situs web atau web site atau sering disingkat dengan istilah situs adalah sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya.
 Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL. Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di internet disebut pula sebagai Waring Wera Wanua atau lebih dikenal dengan singkatan WWW.
Meskipun setidaknya halaman beranda situs internet umumnya dapat diakses publik secara bebas, pada prakteknya tidak semua situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk dapat menjadi aggota untuk dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs web tersebut, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surel (e-mail), dan lain-lain. Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati privasi, atau karena tujuan komersil tertentu.[3]

2.4.1        World Wide Web (WWW)
World Wide Web atau Waring Wera Wanua, biasa lebih terkenal disingkat sebagai WWW adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet.
WWW merupakan kumpulan peladen web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. WWW adalah bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi.
Kegunaan ini tergolong masih baru dibandingkan surat elektronik, sebenarnya WWW merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di peladen web, dan yang peladennya tersebar di lima benua termasuk Indonesia yang terhubung menjadi satu melalui jaringan Internet. Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language). [4]

2.4.2        Browser
Browser merupakan suatu program yang dirancang untuk mengambil informasi-informasi dari suatu server komputer pada jaringan internet. Tanpa adanya browser internet secara otomatis kita tidak bisa mengakses halaman website.  Informasi ini biasanya dikemas dalam page-page, di mana setiap page bisa memiliki beberapa link yang menghubungkan web page tersebut ke sumber informasi lainnya dengan menggunakan sofware yang banyak tersedia web browsing yang populer pada saat ini Mozila Firefox, Chrome, Opera dan masih banyak yang lainnya.[5]
Jika suatu link di klik, browser akan melihat alamat dari tujuan link tersebut dan kemudian mencarinya di web server. Jika browser menemukan alamat dari tujuan link tersebut, browser akan menampilkan informasi yang ada, dan jika tidak menemukannya browser akan memberikan suatu pesan yang menyatakan bahwa alamat dari tujuan link tersebut tidak dapat ditemukan.

2.4.3        HTTP
HTTP adalah sebuah protokol meminta/menjawab antara client dan server, sebuah client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu di tuan rumah yang jauh (biasanya port 80). Sebuah server HTTP yang mendengarkan di port tersebut menunggu client mengirim kode permintaan (request), seperti “GET / HTTP/1.1″ (yang akan meminta halaman yang sudah ditentukan), diikuti dengan pesan MIME yang memiliki beberapa informasi kode kepala yang menjelaskan aspek dari permintaan tersebut, diikut dengan badan dari data tertentu.
Beberapa kepala (header) juga bebas ditulis atau tidak, sementara lainnya (seperti tuan rumah) diperlukan oleh protokol HTTP/1.1. Begitu menerima kode permintaan (dan pesan, bila ada), server mengirim kembali kode jawaban, seperti “200 OK”, dan sebuah pesan yang diminta, atau sebuah pesan error atau pesan lainnya.[6]

2.4.4        Web Server
Web server adalah software yang menjadi tulang belakang dari world wide web (www). Web server menunggu permintaan HTTP atau HTTPS dari client yang menggunakan browser seperti Netscape Navigator, Internet Explorer, Mozilla, dan program browser lainnya.
Jika ada permintaan dari browser, maka web server akan memproses permintaan itu kemudian memberikan hasil prosesnya berupa data yang diinginkan kembali ke browser. Data ini mempunyai format yang standar, disebut dengan format SGM (standar general markup language). Data yang berupa format ini kemudian akan ditampilkan oleh browser sesuai dengan kemampuan browser tersebut.[7]

2.5    HTML
HyperText Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan kedalam format ASCII normal sehingga menjadi home page dengan perintah-perintah HTML.
HTML merupakan sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa).
1.      Tahun 1980, IBM memikirkan pembuatan suatu dokumen yang akan mengenali setiap elemen dari dokumen dengan suatu tanda tertentu. IBM kemudian mengembangkan suatu jenis bahasa yang menggabungkan teks dengan perintah-perintah pemformatan dokumen. Bahasa ini dinamakan Markup Langiage, sebuah bahasa yang menggunakan tanda-tanda sebagai basisnya. IBM menamakan sistemnya ini sebagai Generalized Markup Language atau GML.
2.      Tahun 1986, ISO menyatakan bahwa IBM memiliki suatu konsep tentang dokumen yang sangat baik, dan kemudian mengeluarkan suatu publikasi (ISO 8879) yang menyatakan markup language sebagai standar untuk pembuatan dokumen-dokumen. ISO membuat bahasa ini dari GML milik IBM, tetapi memberinya nama lain, yaitu SGML (Standard Generalized Markup Language).[8]
ISO dalam publikasinya meyakini bahwa SGML akan sangat berguna untuk pemrosesan informasi teks dan sistem-sistem perkantoran. Tetapi diluar perkiraan ISO, SGML dan terutama subset dari SGML, yaitu HTML juga berguna untuk menjelajahi internet, saat ini telah berkembang XHTML yang merupakan pengembangan dari HTML.
Contoh dokumen HTML sederhana
<!DOCTYPE html>
<html>
 <head>
 <title>'''Selamat Malam''' HTML</title>
</head>
<body>
<p>Nama saya Adrianus!</p>
</body>
</html>

2.6    PHP
PHP adalah singkatan dari Hypertext Preprosesor yaitu bahasa pemrograman web server-side yang bersifat open source. PHP merupakan script yang terintegrasi dengan HTML dan berada pada server.  PHP adalah script yang digunakan untuk membuat halaman website yang dinamis. Dinamis berarti halaman yang akan ditampilkan dibuat saat halaman itu diminta oleh client. Mekanisme ini menyebabkan informasi yang diterima client selalu yang terbaru/ up to date. Semua script PHP dieksekusi pada server dimana script tersebut dijalankan.
Kelebihan   PHP dari bahasa pemrograman lain :
1.      Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.
2.      Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis - milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
3.      Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang cukup banyak.
4.      PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows).[9]

2.7    Php MyAdmin
PhpMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui jaringan WWW. phpMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQl, diantaranya mengelola basis data, tabel-tabel, bidang (fields), relasi (relation), indeks, pengguna (users), perijinan (permissions) dan lain-lain.
Pada dasarnya, mengelola basis data dengan MySQL harus dilakukan dengan cara mengetikkan baris-baris perintah yang sesuai (command line) untuk setiap maksud tertentu. Jika seseorang ingin membuat basis data (database), ketikkan baris perintah yang sesuai untuk membuat basis data. Jika seseorang menghapus tabel, ketikkan baris perintah yang sesuai untuk menghapus tabel. Hal tersebut tentu saja sangat menyulitkan karena seseorang harus hafal dan mengetikkan perintahnya satu per satu.
Saat ini banyak sekali perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola basis data dalam MySQL, salah satunya adalah phpMyAdmin. Dengan phpMyAdmin, seseorang dapat membuat database, membuat tabel, mengisi data, dan lain-lain dengan mudah, tanpa harus menghafal baris perintahnya.[10]
fasilitas pada PHP Myadmin antara lain :
-          Membuat dan menghapus database
-          Dapat membuat FDF grafik, dan mampu mencari data didalam database
-          Membuat, menyalin, menghapus, dapat menambah field
-          Manajemen pengguna dan privilege (hak akses) pada MySQL.

2.8       MYSQL
MySQL adalah sebuah implementasi dari sistem manajemen basisdata relasional (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License). Setiap pengguna dapat secara bebas menggunakan MySQL, namun dengan batasan perangkat lunak tersebut tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersial.
MySQL juga merupakan perangkat lunak database server atau sebut saja Database Smart. Database ini semakin lama semakin populer. Dengan menggunakan database ini, data semakin aman dan berdaya guna. Database ini juga banyak dipakai pada web database sehingga data semakin terintegrasi antara database dekstop dengan database web.
Mysql mempunyai  keistimewaan diantaranya adalah :
-          Dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi seperti: Linux,   Windows, FreeBSD, Mac Os X Server, Solaris, dan masih banyak lagi.
-          MySQL didistribusikan secara open source (gratis), dibawah lisensi GNU General Public Licence (GPL).
-          MySQL memiliki interface (antar muka) terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Application Programming Interface).
-          MySQL dilengkapi dengan berbagai peralatan (tool) yang dapat digunakan untuk administrasi basis data, dan pada setiap peralatan yang ada disertakan petunjuk online.
-          MySQL memiliki kecepatan yang baik dalam menangani query (perintah sql). Dengan kata lain, dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.[11]

2.9      Database
Pangkalan data  atau basis data/database adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi



[1]  http://id.wikipedia.org/wiki/Informasi (diakses 24/11/2012)
[8] http://id.wikipedia.org/wiki/HyperText_markup_language (diakses 22/11/2012)
[9]  http://koplarpudak.blogspot.com/ (diakses 22/11/2012)
[11]  http://lealy.wordpress.com/2009/10/21/pengertian-mysql/ (diakses 22/11/2012)